...........|| Sunday, July 09, 2006 ||

Menjahit..oh..Menjahit

Sudah lihat gambar disebelah?. Sebuah mesin jahit, harganya kalau nggak salah sekitar RM 200 lebih. Lebih nya berapa aku pun sudah lupa. Itupun pas ada discount di Carrefour. Lumayan lama belinya, mungkin sudah setahun lebih.

Kalau aku sih penginnya beli yang merk ‘Penyanyi’itu. Tapi ya itu, harganya terlalu mahal sekitar RM 1500 lebih, apalagi yang pakai komputer harganya selangit. Duh, kok mahal banget ya..padahal pingiiin banget punya mesin jahit.!! Tapi setelah dipikir-pikir kayaknya untuk yang lagi belajar menjahit seperti aku ini lebih baik yang murah dulu. Nanti kalau sudah pandai menjahitnya baru beli yang mahal. Bisa juga kan dimanfaatkan untuk ambil orderan menjahit atau buat butik sendiri, kan bisa balik modal.

Wah kapan ya bisa buka butik sendiri, mimpi kali .ye..he..he..wong jahit aja nggak bener-bener. Ya gimana mau pandai, kalau menjahitnya kadang-kadang aja. Sebenarnya aku bukan tukang jahit professional , mau di bilang amatir bolehlah. Bisalah sedikit-sedikit, lagipula dulu aku selalu melihat adikku menjahit di rumah. So serba sedikit tahulah gimana caranya menjahit. Yang agak susahnya bikin pola baju karena harus hafal rumus ngukurnya, sebentar-sebentar harus lihat buku. Kadang sampai sehari baru selesai buat pola dan motong kainnya. Tapi aku sabar aja, beginilah kalau mau belajar. Semangat….

O, ya dulu sebenarnya aku pingin kursus jahit disini , tapi memang terlalu mahal. Yang ditawarkan hanya beberapa model saja, tapi total biayanya sampai Rp. 4 juta lebih. Pikir-pikir dulu ah, habis too expensive lah!. Sebenarnya aku mau ambil kursus buat baju kurung dulu, soalnya kan disini orang biasa pakai baju kurung, so aku haruslah menyesuaikan dengan keadaan. Pernah sekali pergi lihat ke tempat kursus menjahit. Ternyata mereka mengajarnya per model. Maksudnya kalau ambil kursus baju kurung saja harga lain, baju melayu lelaki lain, baju mengandung dsb lain. Jadi menurutku kurang praktis.

Lagi bingung-bingunya mau cari kursus dimana, timbul ide untuk membuat baju kurung sendiri, maksudnya coba-coba dulu gitu. Pertama ambil baju yang sudah siap, terus ukur tiap-tiap polanya ,buat gambar diatas kertas Koran lalu potong-potong. Mula-mula aku beli kain yang murah dulu untuk percobaan, semeter RM 5 . Alhamdulillah cobaan pertama jadi, ya walaupun kurang sempurna di bagian bawahannya. Tapi kalau aku sendiri yg menilai bisa dibilang Oke lah....hi..hi..

Lama-lama mulai berani buat diatas kain yang agak mahal dikit , ternyata ada juga teman yang memuji. Malah mau pesan suruh buatin, tapi aku tolak, aku kata bahawa aku belum cukup pandai , takut hasilnya tidak memuaskan. Tapi sebenarnya itu alasanku saja, soalnya terus terang ada tetanggaku yg penjahit, dimana kerjaan itu dijadikan sumber hidup utamanya, jadi aku agak kurang enak untuk istilahnya’ bersaing’ dengannya, sedangkan aku menjahit untuk suka-suka saja. Seperti membuat baju untuk diri sendiri, suami dan Ibu mertua…
Lumayanlah daripada harus menjahitkan ke orang, ongkosnya untuk sepasang baju kurung biasa sekitar RM 30 – 40. Kalau buat sendiri, lebih murah lagian ada kepuasaan tersendiri. Nah sekarang ini aku pengin banget belajar membuat langsir atau gordyn. Langkah pertama aku sudahpun beli buku panduan membuat langsir. Kemudian mempelajarinya , selanjutnya tinggal prakteknya. Hmm bisa nggak ya????

 4 Comments:

At July 13, 2006 2:11 AM, Blogger Ummu Aisyah said...

"alam,
Wah si May..masih lebih berhasil keknya dri aku. Dirumahku mesin jahit hadiah dari ortunya suami malah belum diapa2in. Aku bisanya jahit lurus aja.
Makanya masih nunggu buku kiriman dri Indo ttg menjahit. Selamat deh sis,udah jadi baju. Aku malah mesin jahitnya blum di sentuh,blum di pasang jarum,dsbnya...padahal mesinnya bisa buat kek kembang2 gitu."

 
At July 15, 2006 5:42 PM, Anonymous Anonymous said...

"wah mbakku yang satu ini ternyata suka menjahit, evy aja pengen belajar menjahit tapi tetap gak ada waktu, kan enaknya kalau ntar mau jahit baju gk perlu ngeluarin duit banyak2 buat ke tukang jahit. btw, kalau mbak maisara jadi buka butik, pengen dong sekali2 maen ke sana, hehe. mbak, shoutbosnya kok gak bisa diposting ya? sedang rusakkah?"

 
At July 15, 2006 6:07 PM, Blogger Lana said...

"liat mesin jahit... aku langsung ingat ummiku..."

 
At July 15, 2006 7:04 PM, Anonymous Anonymous said...

"Hmm..aku sendiri tidak berbakat jahit ya..engga ada kesabaran. Hehe..bagus klo menekuni hoby..saya lebih suka untuk menulis artikel di media atau masak...:) Kembangin aja bakatnya mbak..good luck!"

 

Post a Comment

<< Home